was successfully added to your cart.

Cart

MusicMusik

Bagaimana Piano Anda?

By May 15, 2020 No Comments

Merawat piano dengan baik adalah sebuah keharusan, meskipun saja Anda jarang atau bahkan tidak pernah memainkannya. Memiliki sebuah piano adalah sebuah investasi yang besar, oleh karena itu harus dijaga jika tidak ingin apa yang telah kita investasikan menjadi sesuatu yang sia-sia.

Selain membutuhkan perawatan, ‘tune’ nya juga harus tetap dijaga. Apalagi bila kita tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Karena iklim tersebut membuat sebagian besar orang yang tinggal di negara seperti Indonesia memilik melengkapi rumahnya dengan AC yang otomatis membuat jendela rumah menjadi jarang dibuka. Kondisi seperti ini yang mungkin tidak banyak disadari sebagian besar orang, mengapa suara piano yang dimilikinya menjadi out of tune atau fals.

Pengaruh itudisebabkan naik turunnya suhu temperature AC yang berubah-ubah karena disesuaikan dengan keinginan masing-masing penghuni rumah. Dari banyak kasus piano fals, sebagian besar mereka mengira hal ini disebabkan karena piano mereka jarang dipergunakan. Padahal bukan itu faktor penyebabnya. Berubah-ubahnya suhu udara di dalam rumah mengakibatkan tekanan pada senar-senar piano pun menjadi tidak stabil. Kadang merenggang, kadang menjadi lebih kuat, yang mengakibatkan suara piano menjadi fals, meskipun piano tersebut sering dipakai atau tidak.

Jika kondisi suara piano fals dibiarkan berlarut-larut, makin lama akan semakin memburuk keadaannya. Meskipun tampaknya hanya beberapa nada saja yang fals, lebih baik jika semuanya di- tune up (stem) ulang kembali. Berikut ini beberapa pertanyaan yang mungkin bisa kita pergunakan sebagai acuan bagaimana seharusnya merawat piano.

Apakah piano seharusnya distem kembali setelah dipindah?

Jika piano dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, kota atau negara, atau bahkan dari satu rumah ke rumah yang lain, sebaiknya di stem setelah enam minggu kemudian. Jika hanya dipindahkan dari satu ruangan ke ruang yang lain tetapi masih berada dalam rumah, mungkin tergantung dari bagaimana piano itu dipindah. Adalah sangat sulit memindahkan sebuah piano yang memiliki beban yang sangat berat. Oleh karena itu diperlukan penanganan khusus dan dilakukan oleh orang-orang yang ahlinya. Biasanya yang diangkat adalah bagian bawah piano, juga pedalnya. Jangan mengambil resiko dengan mengangkatnya dari sound board.

Dimana seharusnya piano diletakkan?

Menempatkan piano sebaiknya di sebuah ruangan yang mempunyai suhu tetap 72 derajat Farenheit. Usahakan agar tidak terjadi perubahan suhu udara di dalam ruangan tersebut. Kelembaban udara harus tetap dijaga sekitar 40 persen. Selain itu hindari meletakkan posisi piano menempel rapat pada dinding ruangan. Sebaiknya jaga jarak antara piano dan dinding antara 4 hingga 6 inchi. Selain itu juga jangan meletakkan posisi piano di bawah jendela.

Apakah karpet di bawah piano mempengaruhi tone?

Sebenarnya bukan hanya karpet, bahkan korden maupun perabot lainnya yang ada dalam ruangan piano cenderung dapat mengubah, atau mempengaruhi kenyaringan atau suara yang dihasilkan oleh piano menjadi teredam. Dalam sebuah konser piano, biasanya jarang ditemui adanya karpet dibawah piano. Kecuali di tempat-tempat lainnya, seperti gereja yang kadang-kadang masih dijumpai. Untuk menghilangkan reasa penasaran, Anda bisa membandingkan antara suara yang dihasilkannya. Pada piano yang diletakkan di ruangan berlantai marmer lebih bening, sedangkan bila diletakkan di ruangan berlantai keramik, batu maupun kayu, akan menghasilkan suara yang lebih keras.

Apa sebenarnya yang dikerjakan tuner?

Seorang ‘tuner’ tugasnya menyetel atau mengatur ketepatan suara menjadi 230 senar yang terdapat di dalam piano. Ia akan mengeceknya satu persatu nadanya dengan sedemikian rupa untuk menyesuaikan nadanya hingga kembali normal.

Kapan sebaiknya piano baru disetel?

Sebuah piano baru memerlukan perhatian khusus selama setahun pertama saat seseorang memberlinya. Sebaiknya di-tune-kan setiap empat bulan sekali. Jika Anda memiliki piano, Anda harus rutin menyetel barang investasi Anda itu. Jika Anda tidak mampu menservis, itu sama artinya belum saatnya Anda memiliki sebuah piano.

Jika di anaogikan, ini seperti halnya Anda ingin memiliki anjing peliharaan, mau tidak mau Anda harus meyiapkan anggaran untuk membeli makanannya. Jika merasa tidak mampu menyediakan makanan bagi hewan kesayangan itu, maka jangan memelihara anjing. Secara sederhana dapat dikatakan, jangan sia-siakan piano kesayangan Anda, dengan menelantarkannya, membiarkannya tanpa menyetel rutin 2 kali dalam setahun.

 

Sumber : Majalah Staccato No.131/Th.XI/September 2013

 

Leave a Reply